Punya Double Chin? Ini Penyebab dan Cara Merawatnya!

Kamu merasa badan kamu memiliki berat yang ideal, tapi kenapa kamu tetap punya double chin, ya? Ternyata, double chin tidak selalu berhubungan dengan berat badan yang berlebihan, namun bisa juga disebabkan oleh faktor lain. Di bawah ini, SkinFirst akan membahas mengenai faktor-faktor penyebab munculnya double chin yang dimulai dari faktor usia, makanan, hingga postur tubuh.

  1. Faktor usia serta keturunan

Tidak hanya karena penumpukan lemak, double chin bisa disebabkan karena faktor usia dan keturunan. Semakin usia menua, elastisitas kulitmu juga semakin menurun. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari gaya hidup tidak sehat, kurangnya perawatan anti-aging semasa muda hingga paparan sinar matahari jangka panjang. Faktor genetik juga bisa berperan sebagai penyebab kamu memiliki double chin. Genetik di sini ialah riwayat elastisitas kulit dan obesitas dalam keluarga serta bentuk dagu secara keturunan. 

  1. Pola makan yang tidak teratur

Tidak menjaga pola makan dan sering mengkonsumsi makanan cepat saji juga menjadi salah satu faktor yang dapat membuat kamu memiliki double chin. Hal ini terjadi karena adanya penumpukan lemak di dalam tubuh terutama bagian wajah. Selain itu dengan kebiasaan mengonsumsi gula terlalu banyak, seperti sering minum bubble tea, ice coffee kekinian dan dessert juga sangat memengaruhi terbentuknya double chin di wajahmu. Nah perlu kamu tahu bahwa gula dapat mengubah cara kerja hormon dan reaksi biokimia di dalam tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan, sehingga hal ini akan memengaruhi terbentuknya double chin serta membuat berat badanmu naik secara signifikan.

  1. Hormon leptin yang tidak bekerja

Nah faktor yang ketiga dipengaruhi oleh hormon leptin dalam tubuhmu yang berperan penting dalam mengurangi nafsu makan. Hormon leptin ini diproduksi oleh sel-sel lemak dan akan memberitahu otak mengenai massa lemak yang ada di dalam tubuh, sehingga kamu tidak akan makan secara berlebihan. Pada penderita obesitas, hormon leptin gagal bekerja. Jika hormon leptin gagal bekerja, maka kamu akan makan secara berlebihan dan berakibat tertimbunnya lemak di dagu serta bagian tubuh lainnya.

  1. Postur tubuh

Kalau kamu sering tidur dengan bantal yang tinggi atau sering terlalu lama menunduk, kamu harus hati-hati karena kulit bagian dagu kamu bisa kehilangan elastisitasnya. Kulit leher dan dagu yang kendur dapat memberikan efek berlipat di bawah dagu yang menyebabkan kamu terlihat memiliki double chin.

Itu dia beberapa faktor yang memengaruhi timbulnya double chin di wajahmu. Dengan rajin melakukan diet dan olahraga dinilai ampuh untuk mengurangi berat badan dan double chin. Jika double chin-mu ada secara genetik, kamu tetap harus menjaga pola makan yang sehat supaya double chin-mu tidak semakin membesar. Cara ampuh untuk mengurangi double chin, kamu juga bisa coba mesoline fat removal dari Dermaster. Serum mesoline akan memecah lemak pada area wajah, dagu dan bagian tubuh lainnya sehingga bentuk tubuh menjadi lebih ideal.