5 Tips Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

 

Siapa sih yang gak ingin punya wajah bersih, mulus, glowing, serta bebas noda ?.

Setiap perempuan pasti memimpikan punya kulit wajah sempurna. Tapi sayangnya selalu saja ada noda yang mengganggu. Salah satu noda di wajah yang cukup menyebalkan adalah flek hitam atau bintik hitam.

Flek hitam merupakan bintik hitam atau kecokelatan pada wajah yang dapat terjadi pada siapa saja. Hal ini terjadi karena adanya hiperpigmentasi yang disebabkan oleh penumpukan sel melanin pada kulit. Meski masalah kulit satu ini tidak berbahaya, banyak orang yang merasa cukup terganggu serta tidak nyaman dengan adanya flek - flek hitam di wajah.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan timbulnya flek hitam. Diantaranya akibat terkena paparan sinar matahari, ketidakseimbangan hormon, penggunaan produk kecantikan dengan kandungan yang tidak tepat, usia, kehamilan, efek samping obat, kurang vitamin, kurang tidur, serta karena stres.

Banyak cara telah dicoba para perempuan untuk menghilangkan tampilan flek hitam pada wajahnya. Mulai dengan mencoba cara yang alami hingga mencoba berbagai skin care khusus.

Bagi anda yang ingin memiliki kulit wajah mulus bebas flek hitam, cobalah beberapa cara di bawah ini :

 

  1. Selalu Gunakan Tabir Surya Saat Beraktivitas

Paparan sinar matahari langsung secara terus menerus dapat memicu sel melanosit untuk memproduksi melanin makin banyak sebagai upaya untuk melindungi kulit. Akibatnya, timbul flek hitam lebih banyak. Selalu gunakan tabir surya atau sunscreen dengan minimal SPF 15 menit sebelum  beraktivitas di luar ruangan.

Tabir surya bekerja untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet yang bisa memicu produksi melanin. Selain itu, usahakan Untuk tak terlalu lama dan sering terpapar sinar matahari. Apabila aktivitas mengharuskan anda Untuk berada dibawah sinar matahari, selalu gunakan topi dan pakaian yang lebih tertutup.

 

  1. Gunakan Masker Berbahan Alami

Beberapa bahan alami dipercaya memiliki khasiat untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Diantaranya adalah lidah buaya dan oatmeal. Gel pada lidah buaya mengandung polisakarida yang mampu merangsang pertumbuhan sel kulit baru, menghilangkan flek hitam, serta bekas luka. Gunakan masker lidah buaya 1-2 kali dalam seminggu di wajah, diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas.

Sementara itu bubuk oatmeal mengandung saponin sebagai pembersih alami yang bagus untuk mengangkat sel kulit mati serta menghilangkan flek hitam. Untuk menggunakan masker oatmeal, tumbuk oatmeal sampai halus, lalu campur dengan 3-4 sendok air perasan jeruk lemon. Oleskan pada wajah selama beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat. Gunakan masker oatmeal 1-2 seminggu Untuk hasil yang lebih maksimal.

 

  1. Gunakan Skin Care Penghilang Flek Hitam

Sebaiknya rutin menggunakan skin care khusus penghilang flek hitam setiap malam. Sebelum membeli, teliti kemasan skin care dan cek apakah skin care yang hendak anda beli mengandung beberapa bahan yang memang dipercaya bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam. Diantaranya adalah Vitamin C, Salicylic Acid, AHA, BHA, Retinol, Retinoid, dan Hydroquinone. Vitamin C bekerja menghentikan produksi melanin serta melawan sinar UV yang beracun.

Salicylic Acid atau asam salisilat bermanfaat menghilangkan noda hitam di wajah. Sementara itu, AHA dan BHA dipercaya mampu mengikis sel kulit mati yang menumpuk, yang mengintensifkan flek hitam di kulit. Retinol dan Retinoid bermanfaat untuk memecah pigmentasi melanin dengan cara bekerja menembus lapisan kulit terdalam serta mempercepat pergantian sel.

Selain itu, Hydroquinone bekerja dengan menghambat enzim penghasil pigmen pada kulit yang bernama tyrosinasi.Pastikan produk yang anda beli baik itu serum, krim muka, ataupun toner mengandung slaah satu bahan diatas. Jangan lupa ikuti petunjuk pemakaiannya dengan benar.

 

  1. Konsultasi dengan Dokter Kulit

Ketika flek hitam di wajah masih membandel atau bahkan malah bertambah akibat aktivitas di bawah sinar matahari atau pengaruh usia, anda bisa mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit di klinik kecantikan terpercaya.

Pastikan dokter kulit dan klinik kecantikan yang anda pilih memiliki reputasi yang positif serta berpengalaman dalam menangani pasien. Cari rekomendasi dari teman, public figures, dan media sosial sebelum memutuskan bertemu dengan dokter kulit.

Trust every suggestions from your doctor karena mereka telah berpengalaman menangani pasien dengan berbagai keluhan selama bertahun-tahun serta ahli di bidangnya. Ikuti saran dokter baik itu untuk melakukan treatment maupun menggunakan skin care tertentu demi hasil yang maksimal.

 

  1. Melakukan Treatment Pico Derma

Pico Derma dari klinik kecantikan terbaik di indonesia, Dermaster adalah teknologi laser terbaru yang bermanfaat untuk menyempurnakan kondisi kulit wajah dengan menggunakan gelombang pico second yang lebih pendek, lebih cepat, dan aman bagi siapa pun. Laser Pico Derma bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Selain itu dapat digunakan juga untuk menghilangkan tato, memperbaiki bekas luka, bekas jerawat, serta meremajakan kulit.

Klinik kecantikan Dermaster Indonesia sebagai klinik kecantikan terdepan di Indonesia baru saja meluncurkan teknologi Pico Derma bulan September 2019 ini untuk menjawab kebutuhan para perempuan yang ingin memiliki kulit wajah mulus bebas noda.

Menurut dr. Stiven Eli, Head Dokter Dermaster Indonesia cabang ITC Permata Hijau. Pico Derma sangat teruji dari sisi safety. “ Segala macam laser yang memakai panas atau memakai energi, kalau ditembak bisa jadi gosong karena kulitnya tidak mampu menerima energi laser itu. Pico Derma lebih safe karena gelombang lasernya sangat singkat sekali, pico second, jadi bisa ditembak dengan energi tinggi tapi kontak di kulit cuma sepermiliar detik. Jadi resiko terbakar lebih minimal dibanding yang ada di pasaran “, ujarnya.

Laser Pico Derma di Dermaster Indonesia didatangkan dari Korea dan telah disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit Asia, tapi juga telah memperoleh standarisasi US FDA Approved.  Selain itu aman untuk semua jenis kulit. Untuk mengoperasikan laser Pico Derma, pasien bisa merasa tenang karena dokter-dokter di Dermaster Indonesia telah berpengalaman dan teruji di bidangnya.

Untuk menghilangkan flek hitam di wajah seutuhnya, treatment Pico Derma perlu dilakukan secara bertahap dan sesuai saran dokter. “ Tergantung kedalaman. Jadi flek ada yang di permukaan, di dalam, dan kombinasi. Jadi flek yang di permukaan gampang dihilangkan dengan laser Pico Derma, semakin dalam semakin berat dan mesti dilakukan berulang - ulang “, tambah dr. Stiven. Setelah melakukan treatment Pico Derma, perawatan perlu dikombinasikan dengan memakai skin care.

Laser Pico Derma sangat aman dilakukan oleh pasien dengan semua jenis kulit karena efek sampingnya hampir tidak ada. Sementara itu lama waktu downtime akan bergantung pada kondisi kulit setiap pasien. Diantaranya kemerahan yang akan hilang dalam waktu 1-2 hari.